cara cek spul dan kiprok

cara cek spul dan kiprok pada motor 

kali ini admin ingin membahas ciri-ciri kerusakan antara spul dan kiprok pada motor

spul dan kiprok hal yang terpenting dalam kelistrikan motor, jika 2 benda tersebut rusak maka kelistrikan motor pun akan padam, bahkan motor bisa mati (mogok), memang agak sulit mengecek antara kerusakan benda tersebut, tapi jika ingin mencoba bisa di cek dirumah dengan bantuan alat multi tester 

cara mengetahui kerusakan harus dengan mengecek bagian-bagian socket kabel yang terhubung pada spull dan kiprok 

1. hal yang pertama adalah pencekan pada socket spul, sambunkan kabel merah pada multi tester ke salah satu kabel berwarna pada spull bisa putih merah ataupun biru tergantung kabel motor masing-masing, dan sambungkan kabel hitam pada multitester pada kabel hitam spull, jika terdapat 3 kabel bisa dicek pada masing kabel dan hitam multi tester ke ground (kabel hitam), atur multi tester pada 200 vac (v~~) jika spul masih dalam kondisi bagus angka pada multi tester berada pada 11-12vac dalam kondisi motor langsam (star awal kickstater) dan saat digas akan naik hingga 26-36vac, jika angka di bawah angka tersebut bisa menandakan spul sudah lemah bahkan rusak.
Indikasi kiprok rusak
dan dapatkan informasi tentang motor lainnya bisa berkunjung disini
Bisa cek harga spull disini

2. mengecek kiprok pada motor, yaitu dengan cara mengecek tegangan bila motor menyala langsam tanpa beban mencapai diatas 13v tanpa beban dan bila di gas bisa mencapai 14-15v tanpa beban,dan bila kiprok motor sudah lemah maka pengisian aki tidak mencapai angka 11 vol dan bahkan  bisa di bawah angka itu, aki akan mudah ngedrop karena pengisian tidak sempurna, dan efek utama kiprok lemah dan rusak adalah pada lampu bolham tidak terang bahkan mati tidak menyala, efek lainnya dari rusaknya kiprok tegangan masuk ke lampu akan melebihi kapasitas lampu dan lampu gampang putus apabila di gas

 

No comments:

Post a Comment