Indikasi kerusakan komstir dan klaher roda depan

Motor akan terasa nyaman bila roda dan stang motor stabil, namun akan terasa sangat tidak enak bila motor dibawa goyang saat berkendara, kadang kita tidak tahu apa yang membuat motor terasa goyang bila saat jalan walaupun itu jalan rusak ataupun saat pengereman 

 

ada ciri-ciri kerusakan pada goyangnya komstir stang dan rusaknya klaher roda dan berikut cara mencari kerusakan pada benda tersebut

1. komstir pada stang motor, cara me

ngetahui kerusakan komstir pada stang yaitu saat motor jalan rusak dan pada saat pengereman, stang terasa bunyi dan tidak nyaman pada saat jalan rusak biasanya komstir segitiga atas sudah lemah tapi motor tetap stabil tidak goyang, dan akan terasa goyang saat berbelok di jalan rusak, bila saat pengereman motor bunyi dan goyang depan belakang kerusakan komstir pada segitiga bawah dan sangat terasa bunyi bila pada jalan rusak 

2. klaher roda, bila klaher roda sudah lemah / rusak, stang akan terasa goyang pada jalan rusak namun tidak berbunyi tidak seperti kerusakan komstir, terasa sangat goyang saat berbelok 

sebelum membeli sparepart yuk cek lebih dalam lagi untuk memastikan kerusakannya, apakah klaher roda atau komstirnya yang rusak


Pertama-tama pengecekan kerusakan komstir, naikan dan nyalakan motor dan gas lalu rem, bila goyang depan belakang sudah pastikan kelemahan pada komstir, lalu standarkan motor pada standar 2 dan gantungkan roda depan (jangan tersentuh tanah) goyangkan shok beker ke depan belakang, apabila goyang maka komstir segitiga sudah lemah / rusak, sebelum di ganti dengan sparepart baru bila belum goyang parah masih bisa di kencangkan terlebih dahulu, dengan alat obeng min 2 pcs dan palu dengan cara standarkan motor pada standar 2,kendorkan baut atas pengkunci segitiga dan kencangkan baut pengkunci segitiga yang ke 2 atau yang baut yang bawahnya, belokan kekiri dan ke kanan setelah dikira cukup kencangkan baut pengkunci atas dengan cara ditahan baut pengkunci bawah, dan kendorkan baut pengkunci bawah sambil tahan baut pengkunci atas agar tidak ikut putar(agar baut kencang dan setingan komstir tidak gampang kendor/kencang sendiri bila saat motor dipakai), apabila menganti 1 set komstir dengan yang baru sama caranya seperti diatas 

dan bila klaher roda rusak harus pengantian dengan sparepart yang baru 

dan dapatkan informasi tentang motor lainnya bisa berkunjung disini

No comments:

Post a Comment

Highlight

kenapa mobil karburator bisa boros

 hal yang sering jadi pertanyaan pengguna mobil jenis karbu ada boros bbm, termasuk saya. apa saja yang bisa boros bbm boros pada mobil karb...

Ads 720 x 90