Skip to main content

agar hp awet saat cas hp di motor

Memodif charger motor agar hp awet saat hp cas di motor

Awal mula sedikit cerita pada tahun 2009 charger HP untuk motor belum ada, karena saya sering touring menggunakan motor dan hanya modal sedikit kreatif dan jadilah charger HP di motor dengan rangkaian menggunakan 2 elco dan 1 ic 7805, tapi rangkaian tersebut tidak aman untuk HP karena tidak tahu berapa ampere outputnya dan ic tersebut sangat panas saat di gunakan, dan lalu saya upgrade pakai charger hp untuk mobil sistem kerjanya sama dengan charger hp motor sekarang hanya perlu modif sedikit karena menambahkan kabel yang akan di sambung ke motor, dan sekrang saya coba dengan  membeli charger motor ini harganya hanya 15an via Bukalapak, setelah di bongkar
ternyata masih ada selah lobang diantara kabel dan body charger sangat rawan kemasukan air, sebelum saya pasang dimotor saya modif dahulu agar charger lebih awet dan tahan lama lumayan kan harga 15rb kaya Harga 65rb😁😁
Bahan-bahannya adalah
elco 25v 1000uf
Solder + timahnya
Dan lem tembak
Penggantian elco pada output charger dari awalnya hanya 450uf dan di ganti dengan ukuran 1000uf karena dengan ukuran UF lebih besar akan menghaluskan arus yang masuk pada charger arus yang tidak stabil pada motor dapat cepat merusak charger dan merusak hp juga(dalam jangka panjang), arus motor dari kondisi on itu antara 12.3v -13v dan saat menyala antara 13.5v-15v arus akan naik turun mengikuti putaran mesin, dan untuk lem tembak tersebut untuk

menutupi lobang selah kabel tersebut agar tidak mudah masuk air,
Penggantian elco pada output charger juga bisa diaplikasikan untuk charger yang tidak bisa ngecas/tidak bisa naik batre walaupun indikator kondisi ngechas, lumayan modal seribu sampai dua ribu charger bisa di pakai lagi

dan dapatkan informasi tentang motor lainnya bisa berkunjung disini

Comments

Popular posts from this blog

subtitusi pengganti sparepart kawasaki athlete

halo indonesia kali ini saya ingin berbagi substitusi pengganti sparepart untuk kawasaki athlete kadang pengguna athlete masih bingung karena spartpartnya rusak dan mencari di bengkel tidak ada barangnya atau kosong, berikut pengganti spartpart pengganti untuk kawasaki athlete : 1. Piringan cakram belakang     pnp Ninja r 2. As roda blakang     pnp Suzuki Shogun 125 3. Master rem blakang pindah ke tangan kiri     N-Max,Brugman 200 (bisa merk lain seperti supra dd tapi butuh penyesuian untuk dudukan master rem) 4. Rante     Semua rante asal ukuran 420 / 428 (untuk yang udah diubah gearnya ke 428) 5. Sil shok depan     Yamaha RX King. 6. Kampas rem     Honda supra,satria ( depan ) 7. Gir depan     Kawasaki Kaze 8. Gir Belakang     Ninja r (Rante menyesuaikan jd 428 lebih tebal lebih kuat) 9. Tutup pentin  ...

review led remote t10

 

indikator bensin yang eror karena rusak atau sudah lemah

 yuk kita bahas kerusakan indikator bensin yang eror karena rusak atau sudah lemah indikator sebuah motor hal yang cukup berguna sekali untuk pengendara, apabila rusak atau eror nya indikator bensin sangat merepotkan pengendara apalagi bila menempuh jarak yang jauh, bensin adalah hal utama yang yang harus di perhatikan, jika speedometer anda masih analog sebelum kita menganti 1 set speedometer dengan yang baru, mari kita cek terlebih dahulu kerusakan indikator tersebut, 1. membersihkan terlebih dahulu variable resistor pelampung bensin, buka pelampung dari tanki dan lepaskan pelampung dari variablenya dengan cater ataupun pisau dengan melepas pin/pengunci pelampung, bersihkan varible dengan penghapus pensil (bila ada) kalo tidak pakai obeng dengan di gesek pelan-pelan, setelah sekiranya variable bersih lebarkan barisan plat penghubung pada pelampung agar plate pelampung tadi menyentuh variable resistor secara keseluruhan. setelah itu pasang pelampung di pasang kembali, jika indika...