Skip to main content

Indikasi kerusakan komstir dan klaher roda depan

Motor akan terasa nyaman bila roda dan stang motor stabil, namun akan terasa sangat tidak enak bila motor dibawa goyang saat berkendara, kadang kita tidak tahu apa yang membuat motor terasa goyang bila saat jalan walaupun itu jalan rusak ataupun saat pengereman 

 

ada ciri-ciri kerusakan pada goyangnya komstir stang dan rusaknya klaher roda dan berikut cara mencari kerusakan pada benda tersebut

1. komstir pada stang motor, cara me

ngetahui kerusakan komstir pada stang yaitu saat motor jalan rusak dan pada saat pengereman, stang terasa bunyi dan tidak nyaman pada saat jalan rusak biasanya komstir segitiga atas sudah lemah tapi motor tetap stabil tidak goyang, dan akan terasa goyang saat berbelok di jalan rusak, bila saat pengereman motor bunyi dan goyang depan belakang kerusakan komstir pada segitiga bawah dan sangat terasa bunyi bila pada jalan rusak 

2. klaher roda, bila klaher roda sudah lemah / rusak, stang akan terasa goyang pada jalan rusak namun tidak berbunyi tidak seperti kerusakan komstir, terasa sangat goyang saat berbelok 

sebelum membeli sparepart yuk cek lebih dalam lagi untuk memastikan kerusakannya, apakah klaher roda atau komstirnya yang rusak


Pertama-tama pengecekan kerusakan komstir, naikan dan nyalakan motor dan gas lalu rem, bila goyang depan belakang sudah pastikan kelemahan pada komstir, lalu standarkan motor pada standar 2 dan gantungkan roda depan (jangan tersentuh tanah) goyangkan shok beker ke depan belakang, apabila goyang maka komstir segitiga sudah lemah / rusak, sebelum di ganti dengan sparepart baru bila belum goyang parah masih bisa di kencangkan terlebih dahulu, dengan alat obeng min 2 pcs dan palu dengan cara standarkan motor pada standar 2,kendorkan baut atas pengkunci segitiga dan kencangkan baut pengkunci segitiga yang ke 2 atau yang baut yang bawahnya, belokan kekiri dan ke kanan setelah dikira cukup kencangkan baut pengkunci atas dengan cara ditahan baut pengkunci bawah, dan kendorkan baut pengkunci bawah sambil tahan baut pengkunci atas agar tidak ikut putar(agar baut kencang dan setingan komstir tidak gampang kendor/kencang sendiri bila saat motor dipakai), apabila menganti 1 set komstir dengan yang baru sama caranya seperti diatas 

dan bila klaher roda rusak harus pengantian dengan sparepart yang baru 

dan dapatkan informasi tentang motor lainnya bisa berkunjung disini

Comments

Popular posts from this blog

subtitusi pengganti sparepart kawasaki athlete

halo indonesia kali ini saya ingin berbagi substitusi pengganti sparepart untuk kawasaki athlete kadang pengguna athlete masih bingung karena spartpartnya rusak dan mencari di bengkel tidak ada barangnya atau kosong, berikut pengganti spartpart pengganti untuk kawasaki athlete : 1. Piringan cakram belakang     pnp Ninja r 2. As roda blakang     pnp Suzuki Shogun 125 3. Master rem blakang pindah ke tangan kiri     N-Max,Brugman 200 (bisa merk lain seperti supra dd tapi butuh penyesuian untuk dudukan master rem) 4. Rante     Semua rante asal ukuran 420 / 428 (untuk yang udah diubah gearnya ke 428) 5. Sil shok depan     Yamaha RX King. 6. Kampas rem     Honda supra,satria ( depan ) 7. Gir depan     Kawasaki Kaze 8. Gir Belakang     Ninja r (Rante menyesuaikan jd 428 lebih tebal lebih kuat) 9. Tutup pentin  ...

review led remote t10

 

indikator bensin yang eror karena rusak atau sudah lemah

 yuk kita bahas kerusakan indikator bensin yang eror karena rusak atau sudah lemah indikator sebuah motor hal yang cukup berguna sekali untuk pengendara, apabila rusak atau eror nya indikator bensin sangat merepotkan pengendara apalagi bila menempuh jarak yang jauh, bensin adalah hal utama yang yang harus di perhatikan, jika speedometer anda masih analog sebelum kita menganti 1 set speedometer dengan yang baru, mari kita cek terlebih dahulu kerusakan indikator tersebut, 1. membersihkan terlebih dahulu variable resistor pelampung bensin, buka pelampung dari tanki dan lepaskan pelampung dari variablenya dengan cater ataupun pisau dengan melepas pin/pengunci pelampung, bersihkan varible dengan penghapus pensil (bila ada) kalo tidak pakai obeng dengan di gesek pelan-pelan, setelah sekiranya variable bersih lebarkan barisan plat penghubung pada pelampung agar plate pelampung tadi menyentuh variable resistor secara keseluruhan. setelah itu pasang pelampung di pasang kembali, jika indika...