suara mobil tidak stabil rpm naik turun

suara mobil tidak stabil

 di sini admin membahas suara mobil yang tidak stabil pada mobil


suara mobil yang tidak stabil pada kendaraan yang di pakai kadang membuat tidak nyaman untuk di kendarai ada beberapa faktor yang ingin di bahas di blog kali , yuk kita bahas langsung

1. selang pada karburator mobil, selang yang rusak atau robek atau kendor jadi salah satu penyebab suara mobil yang tidak stabil, jika selang tidak di gunakan tutup dengan baut agar angin tidak keluar/masuk ke dalam ruang intake yang menjadikan bensin juga boros

2. periksa vacum pada delco, vakum delco jadi salah satu penyebab mobil tidak stabil, periksa antara selang dari karbu ke vakum delco cek pada menyedotan karbu ke vakum dengan melepas selang di vakum apakah menyedotan bagus / mampet, cek juga pada vakum delco apakah masih bagus atau sudah bocor dengan menyedot secara manual (dengan mulut) jika masih bagus vakum di sedot terasa berat apabila ngempos berarti vakum sudah bocor 

3. busi, jika busi mati pada motor maka motor tidak bisa hidup, beda halnya dengan mobil jika salah satu  busi jelek atau rusak mobil akan tetap hidup tapi mobil tidak stabil / pincang dan pada saat jalan terasa dut dut an, faktor busi juga bisa saja terjadi pada mobil injeksi,ciri-ciri busi rusak adalah jika kabel busi di cabut maka mobil tidak mati (rpm tidak turun) suara seperti kabel belum di cabut, sediakan selalu busi cadangan untuk perjalanan jauh

4. kabel busi, kabel busi yaitu faktor utama penyaluran pengapian pada mobil karbu, ciri-ciri kabel busi bocor adalah adanya percikan api jika kabel di lepas dari busi, dan jika kabel di cabut maka mobil tidak mati (rpm tidak turun) suara seperti kabel belum di cabut, jika di biarkan tidak di ganti maka pengapian pada kabel busi akan tidak berfokus pada busi dan menyebar ke ground pada blok head dan membuat mobil pincang dan tidak stabil

5. ig koil pada injeksi, koil mobil injeksi sangat berbeda dengan mobil jenis karbu, jika mobil karbu memiliki 1 koil dan menjadi pusat pengapian tetapi berbeda dengan mobil injeksi dengan memiliki koil di setiap busi, jika salah satu lemah maka mobil tidak stabil pengapian lemah/mati atau bisa juga bocor pengapian untuk pengecekan bisa dengan melepas ig koil tersebut dan cek apakah ada percikan api liar pada ujung ig koil tersebut atau tidak adanya pengapian sama sekali

6. injektor pada injeksi, injektor yang lemah/mati adalah faktor yang membuat mobil tidak stabil dan pincang karena pasokan bahan tidak ada dan membuat tidak ada pembakaran dalam ruang silinder dan membuat tidak ada tenaga pada blok silinder pada injektor yang lemah/mati tersebut  

7. arus listrik pada kabel ig koil dan injektor pada mobil injeksi, kelistikan tidak ada pada setiap ig koil dan injektor sehingga tidak bisa memfungsikan ig koil dan injektor, untuk mengecekan gunakan dengan multitester jika tidak ada tegangan arus pada kabel cek pada setiap sambungan kabel menuju ig koil dan injektor, pada kendor atau putus pada kabel

8. ecu, ecu adalah komputer pada mobil injeksi yang menjalankan setiap sistem pada mobil, jika pada ig koil dan injector diperintahkan dari ecu kapan alat tersebut berkerja

 dan dapatkan informasi tentang otomotif lainnya bisa berkunjung disini 

No comments:

Post a Comment

Highlight

kenapa mobil karburator bisa boros

 hal yang sering jadi pertanyaan pengguna mobil jenis karbu ada boros bbm, termasuk saya. apa saja yang bisa boros bbm boros pada mobil karb...

Ads 720 x 90